Ingat ya Jangan Lakukan 7 Hal Ini Ke Mukamu yang Jerawatan! Bekasnya Bisa Susah Hilang Lho

Banyak orang yang ingin menghilangkan jerawat dengan berbagai jalan pintas. Memang, sesaat setelah kamu pencet-pencet dan korek-korek, jerawat dan cairan putihnya akan hilang.

Tapi, benjolan itu akan berubah jadi merah, lho. Cairan putihnya pun akan membawa dampak yang lebih parah buat wajahmu, yaitu bibit-bibit jerawat yang ada di cairan putih akan tersebar di bagian wajahmu yang lain. Hayo, kamu lebih pilih sabar mengobati 1 jerawat, atau pencet-pencet tapi jerawat makin banyak?

2. Jaga kebersihan kukumu. Sewaktu-waktu tanganmu bisa nggak sengaja membuat jerawatmu pecah dan meninggalkan bekas

Menjaga kebersihan kuku itu nggak harus rajin memotongnya. Sering-sering membersihkan dengan menyikat bagian dalam dan luar kuku juga perlu. Hal ini diperlukan untuk berjaga-jaga, siapa tau tanganmu nggak sengaja membuat jerawatmu pecah. Sakit sih memang, tapi paling tidak penyebaran bakterinya bisa diminimalisir daripada ketika kondisi kuku dan tanganmu kotor. Kemungkinan penyebaran jerawat akan lebih berkurang, bekas jerawat pun sama-sama bisa diminimalisir, guys.

3. Tunda jadwal facial-mu saat muka berjerawat. Bukannya bersih, cara ini malah membuat jerawatmu berbekas

Saat kondisi wajah sedang kusam, kotor, dan makin berminyak, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan facial. Kamu tinggal meluncur menuju skin care favoritmu dan mendapat perawatan. Saat sedang berjerawat, lebih baik tunda dulu jadwal facial-mu. Saat di proses facial berlangsung, banyak yang nggak segan untuk memencet dan mengeluarkan paksa jerawatmu. Memang, jerawatmu akan hilang, tapi hal itu akan membuat kulitmu dibuat kusam dengan bertambahnya bekas jerawat.

4. Segera pakai obat jerawat sebelum jerawatmu muncul dan meradang. Jangan tunggu sampai memerah

Nggak cuma gebetan yang bisa ngasih kode, kode dalau jerawat akan segera bersarang di wajahmu bisa kamu rasakan. Biasanya, kamu merasakan ada benjolan kecil dan terasa sedikit agak ngilu. Nah, itu yang harus kamu perhatikan.

Jangan malas untuk memberikan pengobatan pertama dalam menangani jerawat. Pakai obat atau salep yang memang disarankan oleh dokter kulitmu. Jika kamu menangani lebih awal, jerawat akan batal untuk muncul. Bekas jerawat pun tidak jadi muncul juga.

5. Saat berjerawat, terlalu sering mencuci muka akan bikin kulitmu kering. Teknik scrubbing juga akan memperparah jerawatmu.

Wajah yang berjerawat aja udah bikin bete dan risih. Penampilan kamu jadi nggak perfect. Apalagi kalau ketambahan wajah berminyak, wah bisa bikin mood anjlok dua kali lipat. Biasanya, orang akan bergegas mencuci muka untuk menghilangkan minyak-minyak nakal itu.

Tapi, terlalu sering mencuci muka itu nggak baik untuk kelembaban wajah. Kulitmu bisa berubah jadi kering. Hindari juga untuk scrubbing, karena teknik yang agak kasar ini bisa memicu tumbuhnya jerawat lainnya. Kunci supaya jerawat tidak meletus dan tidak meninggalkan bekas adalah sabar dan harus telaten.

6. Sabar, kamu bisa coba metode mengompres pakai es batu. Jerawat bisa kempes, lho!

Kempeskan jerawatmu dengan barang yang mudah di dapat, es batu. Wah, salah satu keinginanmu untuk menghindari bekas jerawat bisa terwujud nih, girls. Cara menangani jerawat dengan es batu ini mudah banget.

Caranya:

  • Bersihkan wajahmu terlebih dahulu. Perawatan wajah menuntut segalanya serba higienis.
  • Taruh beberapa buah es batu di atas washcloth atau handuk kecil. Lalu bungkus
  • Taruh handuk kecil tersebut di atas jerawat yang ingin kamu basmi.
  • Diamkan selama satu menit. Setelah itu ambil dan diamkan selama 5 menit.
  • Kamu bisa ulangi mengompres dengan es batu ini lagi.

Akan kerasa dingin banget sih, tapi teknik ini bisa dicoba untuk menghilangkan jerawat dan mencegah bekasnya, kan?

7. Kalau udah terlanjur ada bekas jerawat, jangan pernah absen untuk pakai sunscreen untuk menghilangkan bercak secara perlahan

Paparan sinar matahari akan membuat bekas jerawatmu makin kentara. Yang memerah, bisa saja berubah menjadi menghitam. Dan itu akan membuat penampilanmu jadi nggak bisa maksimal. Dilansir dari Teen Vogue, kamu disarankan untuk rajin memakai sunscreen dengan SPF tinggi. Karena kandungan niacinamide-nya bisa membantu mengurangi bekas kemerahan di wajahmu. Kalau sudah terlanjur ada bekas jerawat, jangan pernah bosan untuk pakai ya!

Untuk menghindari risiko yang membahayakan, dan bikin kamu makin insecure, mending kamu konsultasi ke dokter kulit. Dengan ahlinya, kamu bisa mendapat saran yang tepat dan ditangani oleh pihak yang benar. Kamu juga bisa minta resep obat untuk mengempeskan jerawat, atau untuk menghilangkan jerawatan Memang merogoh kocek agak dalam, tapi lebih aman dibanding coba-coba, kan?

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghindari bekas jerawat yang menahun. Mana nih yang pingin kamu coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *