Demokrat Puji Anies dan Walkot Solo yang Liburkan Sekolah Terkait Corona

Partai Demokrat memuji sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo terkait protokol pencegahan Corona di daerah masing-masing. Menurutnya, publik perlu mendapatkan informasi serinci mungkin soal wabah virus Corona.

“Apa yang dilakukan oleh Wali Kota Solo, yang dilakukan Anies itu adalah bagian dari kewajiban pejabat publik memberitahukan kepada rakyatnya (informasi soal Corona), panik? Justru kalau tidak diberitahukan itulah yang membuat kita panik,” ujar Sekjen Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Hinca mencontohkan, protokol pencegahan Corona berupa kebijakan meliburkan sementara para pelajar, serta peniadaan sementara CFD. Hal itu telah dilakukan oleh Anies maupun FX Rudy.

“Misalkan menyatakan anak sekolah tidak boleh belajar di sekolah atau di liburkan itu adalah cara untuk melindungi dalam konteks seperti ini. Kan ada dua teori satu dia Lockdown satu lagi itu menganjurkan itu panduan boleh,” ujar Hincca.

Loading...

“Jadi kita hormati pak FX Wali Kota Solo ambil keputusan, kita hormati DKI Jakarta ambil keputusan. Pejabat publik wajib memberitahukan tanpa menutup-nutupi jangan alasannya takut panik, takut panik,” sambung Hinca.

Hinca meminta pemerintah pusat memberikan kewenangan seluas-luasnya bagi pemerintah daerah untuk mengambil sikap sendiri dan melakukan langkah-langkah antisipasi secepat mungkin.

“Saya kira meski ini urusan pusat, posisi pemerintah daerah berilah kewenangan, diberilah inisiatif karena dia paling tahu daerahnya, pemerintah pusat nggak mampu lah ngurus dari Papua sampai ke Aceh seluas ini,” tandasnya.

Diketahui, FX Rudy menetapkan Solo berstatus kejadian luar biasa (KLB) virus Corona. Sekolah di Solo diliburkan selama 14 hari ke depan.

Sementara, Pemprov DKI Jakarta juga memutuskan menutup sementara kegiatan mengajar di lingkungan sekolah. Proses belajar mengajar siswa dilakukan jarak jauh. Selain itu, Anies juga menunda kompetisi Formula E serta menutup sementara tempat-tempat wisata di Jakarta.

Sumber : detik.com

Loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *