Doa Menyambut Ramadhan Agar Ibadah Lebih Berkah

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, menyambut datangnya bulan suci Ramadhan baiknya disambut dengan hati yang penuh suka cita. Bersyukur karena masih dipertemukan dengan Ramadhan.

“Ramadhan adalah bulan pengampunan dan bergugurannya dosa,” katanya saat dihubungi Okezone, Kamis (16/4/2020).

Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga :  Agar Tak Gampang Sakit, Sematkan Nama Bayi Ini Untuk si Kecil

Imam Nawawi dalam Kitab Almajmu mencantumkan hadist yang berisi doa Nabi Muhammad ketika menyambut Ramadhan,

انَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَأَى الْهِلالَ قَالَ : ” اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

“Sesungguhnya Nabi SAW ketika telah melihat hilal Ramadhan, beliau berdoa; Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah (Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga :  Ustadz Abdul Somad Sepakat Haramkan Catur, Ini Menurut Pendapat Ulama Fiqih
Loading...

Lebih lanjut, kata dia, menyambut Ramadhan bisa juga dengan membaca doa lainnya yang tak lain sebagai bentuk syukur karena masih dipertemukan dengan Bulan Suci tersebut.

Berikut ini adalah doa menyambut Ramadhan :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ، قَالَ: ” اللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ، وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ “

“Dari Sahabat Anas bin Malik, ia berkata: Nabi Muhammad bersabda ketika memasuki waktu bulan Rajab: “Ya Allah, Berkahilah kami di Bulan Rajab dan Sya’ban. Ya Allah, Berkahilah kami di Bulan Ramadhan” (HR. Ahmad, No.23460).

Baca Juga :  Hukum Membaca Shadaqallahul ‘Adzim Setelah Membaca al-Qur’an

“Atau mengganti kalimat dengan lafadz: وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ artinya, Pertemukanlah kami dengan Bulan Ramadhan” (HR. Al Baihaqi).

Selain itu, selama Ramadhan umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan saleh untuk menambah pahala dan keberkahan dari bulan suci tersebut.

Sumber : okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *