Masya Allah, Ayat al-Qur’an Dipasang di Dinding Kampus Harvard

Di dunia akademik, nama Harvard University tak bisa dianggap enteng. Kampus ini menempati posisi teratas dari daftar universitas terbaik dunia.

Memajang kutipan luhur di dinding kampus merupakan salah satu bagian dari tradisi akademik di Universitas Harvard.

Kutipan-kutipan itu diambil dari banyak sekali tokoh dunia maupun manuskrip kuno.

Loading...

Menariknya, al-Qur’an yang merupakan Kitab Suci Umat Islam juga menjadi salah satu sumber kutipan itu. Seperti petikan Surat An Nisa ayat 135.

Dikutip dari Stepfeed, ayat itu terpatri abadi di dinding menghadap pintu masuk perpustakaan Sekolah Hukum Harvard (Harvard Law School).

Bukan tanpa alasan, ayat itu dipilih untuk mengingatkan para sivitas akademika dan insan pegiat hukum tentang makna keadilan yang diajarkan dalam Islam.

Ayat itu juga dianggap sebagai ungkapan keadilan terbesar sepanjang sejarah umat manusia. Ayat itu mendorong manusia untuk menegakkan keadilan bahkan pada diri sendiri.

Surat an-Nisa Ayat 135

loading...

Berikut petikan ayat yang tercantum di dinding perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Harvard.

“O ye who believe! Stand out firmly for justice, as witnesses to Allah, even as against yourselves, or your parents, or your kin, and whether it be (against) rich or poor: for Allah can best protect both”.

Dalam al-Qur’an, demikian bunyi ayat tersebut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاءَ لِلَّهِ وَلَوْ عَلَىٰ أَنفُسِكُمْ أَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ ۚ إِن يَكُنْ غَنِيًّا أَوْ فَقِيرًا فَاللَّهُ أَوْلَىٰ بِهِمَا

“Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah, walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya) …” (QS. an-Nisa: 135).

Sedangkan jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, maknanya menjadi berikut.

“Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah, walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya)…”

Makna Surat an-Nisa

Surat An Nisa berisi ayat-ayat yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan. Secara umum Islam dikenal sebagai agama yang memperjuangkan hak kaum perempuan sejak pertama kali diturunkan ke dunia.

Islam merupakan agama pertama yang melarang pembunuhan bayi perempuan, mendorong kaum hawa untuk bekerja, serta memberikan perlakukan setara kepada perempuan dalam pernikahan.

Selain itu, Islam juga merupakan agama pertama yang memberikan hak waris kepada kaum wanita.

Berdiri pada 1817, Harvard Law School merupakan institusi pendidikan tinggi hukum tertua yang beroperasi di Amerika Serikat. Juga sebagai pemilik perpustakaan hukum terbesar di dunia.

“Kutipan di dinding ini menegaskan kekuatan dan mengikatnya gagasan tentang keadilan,” demikian keterangan yang tertulis di laman resmi Harvard Law School.

Sumber : dream.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *