Mengenal Ikan ‘Tiger Fish’ dari Muba Harganya Capai Rp 25 Juta

Nelayan di Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel), kini heboh mencari tiger fish atau oleh warga lokal disebut ikan elang gara-gara harganya tembus Rp 25 juta per ekor.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pun memberi penjelasan soal ikan tersebut.

Peneliti ikan Pusat Penelitian Biologi LIPI, Gema Wahyudewantoro, mengatakan ikan yang diburu warga tersebut punya nama latin Datnioides microlepis. Ikan tersebut, kata Gema, belum termasuk jenis ikan langka.

“Ikan tiger fish nama jenisnya Datnioides microlepis. Ikan tersebut belum termasuk kategori langka,” kata Gema, Selasa (28/7/2020).

Dia menyebut ikan ini mahal karena pola dan bentuknya yang menarik. Menurut Gema, ikan ini bisa tumbuh hingga ukuran 45 cm dengan berat 10 Kg.

“Ikan ini merupakan ikan konsumsi namun juga bisa dipotensikan sebagai ikan hias akuarium dilihat dari pola warnanya tadi. Cenderung menjadi mahal apabila dijual menjadi ikan hias dikarenakan dijual berdasarkan ukuran,” ucap Gema.

Baca Juga :  Kelamin Pria Dipasang Kembali Setelah Hampir 24 Jam Memotongnya dan Masih Berfungsi

Selain di Muba, tiger fish ini juga terdapat di daerah Kalimantan Barat dan dikenal dengan nama ikan ringau. Gema pun mengingatkan warga agar tidak berlebihan menangkap ikan dari sungai.

Dia menyarankan warga untuk memulai budidaya ikan tersebut. Menurutnya, penangkapan secara terus menerus bakal mengurangi populasi ikan secara alami di sungai.

Loading...

“Sebaiknya penangkapan tidak mempergunakan alat tangkap yang merusak. Kemudian sebaiknya juga lebih mulai atau kalau memang sudah Ada bisa dicoba dibudidayakan ikan tersebut karena tidak menutup kemungkinan populasinya Akan menurun seiring penangkapan yang terus menerus,” tuturnya.

Baca Juga :  Sayembara! Ada Rp 13 Juta Bagi Pemberi Info Valid Pembunuh Anjing di Bali

Sebelumnya, tiger fish ini menjadi salah satu primadona bagi para nelayan di daerah Muba. Penangkapan ikan ini pun tak boleh dilakukan secara asal-asalan, atau bakal mempengaruhi harga jualnya.

“Susah nangkapnya, dalam seminggu ini baru dapat satu. Kalau sudah dapat biasanya jaring yang melekat pada ikan akan dipotong, karena ikan tidak boleh cacat,” kata salah satu nelayan, Opini.

Harga jual ikan elang ini untuk ukuran 1 Cm senilai Rp 25.000. Jika ukurannya mencapai 10 Cm maka Rp 250 ribu. “Masyarakat di sini banyak yang nangkap karena harganya yang cukup menjanjikan,” kata dia.

Salah satu pengepul tiger fish, Rival, menyebut ikan ini biasanya dihargai per centimeter. Dia biasa membeli dari nelayan ukuran 10 Cm dengan harga Rp 200 ribu.

Baca Juga :  Terkuak, Ini Penyebab Mitos Orang Jawa dan Sunda Tidak Boleh Menikah

“Untuk ukuran standar garis tidak terlalu bagus badan tidak memanjang dihargai Rp 200 sampai Rp 250 ribu. Kalau shot body atau yang mempunyai badan sempurna biasanya dihargai Rp1 juta per ekor. Pemesanan sebagian besar dari Jakarta kemudian diekspor lagi ke Vietnam, saya juga pernah menjual paling mahal Rp 25 juta, ukuran 15 Cm yang paling banyak loreng macan,” kata dia.

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *