Viral Sopir Pakai Masker dari Celana Dalam, Dokter Kulit Nitip Pesan

Masker saat ini jadi kebutuhan. Pemerintah menghimbau semua warga yang keluar rumah diminta menggunakan masker demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Anjuran mengenai penggunaan masker bagi seluruh warga itu disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Permintaan yang tinggi, namun jumlah masker yang langka membuat sebagian orang mengakalinya. Seperti yang dilakukan oleh sopir pikap ini, ia menggunakan celana dalam sebagai ganti untuk masker penangkal virus corona.

Hal ini diketahui dalam sebuah video yang dibagikan oleh akun facebook bernama Abahe Fika seperti dilihat detikcom, Selasa (7/4/2020).

Loading...

Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK(K), FINSDV, FAADV, spesialis kulit dan kelamin dari klinik DNI SKIN CENTRE mengatakan, untuk penggunaan celana dalam tersebut aman-aman saja dan tidak menimbulkan masalah pada kulit wajah. Tetapi syaratnya, sebelumnya harus dicuci bersih terlebih dahulu dengan detergen.

“Penggunaan daleman untuk kulit wajah, umumnya aman dan tidak menimbulkan masalah dengan kulit wajah, sepanjang daleman yang digunakan sudah bersih dicuci dengan detergen,” kata dr Darma, saat dihubungi detikcom, Selasa (7/4/2020).

Meski amanbagi kulit, bukan berarti masker dari celana dalam efektif menyaring partikel. dr Darma mengingatkan, masker dengan menggunakan celana dalam memiliki pori-pori yang cenderung lebih longgar.

Namun penggunaan daleman untuk pengganti masker tentunya tidak bisa efektif dalam mencegah penularan COVID-19 karena daleman cenderung kurang ketat menutup hidung serta pori2 kain cenderung lebih longgar sehingga kurang menyaring virus,” pungkasnya.

Sumber : detik.com

Loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *